...........:Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.....

07 Mei 2008

Perlu Kreatifitas dalam Mendongeng

Seperti yang sudah kita pahami, bahwa banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh anak ketika mereka kita dongengin. Terutama manfaat bagi perkembangan otak dan mentalnya.

Agar anak dapat terstimulasi dengan baik dan cepat, maka "JANGAN ASAL MENDONGENG", kata saya ketika saya berkeliling dan berdiskusi dengan orang tua murid di beberapa Sekolah TK/SD yang mengundang saya. Apa maksud saya mengatakan "JANGAN ASAL MENDONGENG"?. Hal ini lebih saya khususkan bagi orang tua yang sudah rutin mendongeng buat putera dan puterinya dan juga untuk para pendidik yang mempunyai jam khusus mendongeng di tempat ia bekerja. Bahwa dalam mendongeng sebaiknya tidak sekadar membacakan cerita dari sebuah buku atau tanpa buku dengan datar. Namun lebih dari itu, mimik, intonasi, gerak bahkan dengan menambahkan sebait lagu atau pusisi dalam cerita, stimulasi melalui dongeng akan menjadi lebih kaya.

Intinya adalah, kreatifitas dalam bercerita/mendongeng adalah sangat penting.

Selamat mencoba

0 komentar: