...........:Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang :.....

19 April 2008

Talkshow "Ayah-Bunda, Mendongenglah Untukku"

Itulah tema yang diambil oleh kak Awam ketika diminta hadir sebagai pembicara di acara Public Talk Show yang diselenggarakan oleh TK. Salman Pisangan Ciputat Tangerang pada tanggal 19 April 2008.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya yang hanya menggelar acara pentas seni, kali ini TK Salman dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke-36 menggelar acara yang melibatkan orang tua untuk mengikuti Talk Show.

Dalam penjabarannya, kak Awam mengingatkan kembali peran aktif orang tua untuk memberikan dongengannya kepada anak-anaknya setiap saat, dengan tidak mengenal waktu dan tempat. Karena dongeng adalah media yang sangat efektif untuk menanamkan nilai akhlak yang baik, mengembangkan cakrawala imajinasi, meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi, belajar mengenal kehidupan, meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan dan lain sebagainya. Selain itu bahwa dongeng juga merupakan sarana hiburan yang sangat berbeda dengan hiburan yang ada di pesawat televisi. Perbedaan yang mendasar ketika anak menonton televisi adalah karena sang anak tidak dapat memilah mana pesan yang baik dan mana pesan yang tidak perlu mereka terima.

Selain daripada manfaat diatas, bahwa media dongeng adalah media yang benar-benar dapat memberikan kehangatan yang luar biasa antara orang tua dan anak, yang mana hal tersebut tidaklah mungkin digantikan oleh media apapun.

Penjabaran yang diberikan Kak Awam kurang lebih selama 30 menit, dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek sederhana untuk mendongeng di keluarga.

Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan disekolah-sekolah lain, dengan harapan agar semua orang tua dapat mengedepankan dongeng ditengah-tengah keluarga. (Rahmad Azi Durasi)

0 komentar: